Fungsi Slope Monitoring System Di Daerah Sekitar Lereng



Lereng merupakan salah satu permukaan bumi yang memiliki kemiringan tertentu. Kita hanya dapat menjumpai lereng di daerah seperti gunung,bukit, dan daerah tinggi lainnya. Lereng yang ada di Indonesia sekarang sudah banyak yang kondisinya sudah tidak stabil lagi. Ini merupakan akibat dari ulah dari para penebang liar yang tidak mau bertanggung jawab sehingga menyebabkan tidak adanya lagi pepohonan disekitar daerah lereng. Padahal pohon di sekitar daerah lereng sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga ke-stabilan tanah lereng agar terhindar bencana longsor ketika hujan deras.

Hal tersebut disebabkan karena adanya pohon yang dapat menghambat air jatuh langsung ke dalam tanah. Akar pohon yang kuat juga mampu menahan kondisi  ke-stabiilan tanah agar pada saat hujan nanti tidak mengalami longsor. Jika pohon-pohon di sekitar lereng sudah tidak ada lagi, para masyarakat yang bertempat tinggal berdekatan dengan kawasan lereng akan merasa khawatir nantinya ketika hujan deras datang. Mereka akan merasa khawatir akan terjadi nya bencana alam, yaitu tanah longsor.
sumber gambar : geotechpedia.com
 
Dengan semakin ada banyaknya pembangunan dimana-mana, termasuk juga di sekitar kawasan lereng sudah mulai banyak yang membangun kontruksi di sekitar kawasan itu. Namun, kita pun harus memastikan kestabilan dari lereng, karena kestabilan lereng merupakan salah satu kunci permasalahan yang sudah biasa dihadapi oleh para pekerja kontruksi bangunan. Gangguan yang terjadi pada kestabilan lereng dapat mengganggu keselamatan  para pekerja nantinya, merusak peralatan kontruksi, kelancaran bekerja, serta merusak lingkungan alam dan masih banyak yang lainnya.
Jika seperti ini terus jadinya, tentu kita membutuhkan sistem pemantauan yang biasa disebut slope monitoring. Pemantaun ini nantinya akan bertujuan untuk mengantisipasi adanya bencana longsor dan tentunya menghindari terjadinya korban jiwa ketika longsor terjadi. Slope Monitoring merupakan sebuah alat yang bertujuan untuk memantau kemiringan tanah pada lereng atau bidang miring.

sumber gambar : womp-int.com
 
Slope monitoring pun memiliki sensor yang canggih sehingga dapat memprediksi  dan memantau aktifitas yang terjadi di dalam tanah yang ada dilereng. Dengan menggunakan sistem global yaitu GPS, pemantauan juga dapat dilakukan dalam radius yang sangat aman. Slope Monitoring juga bisa dipadukan dengan instrument Inclinometer dan Piezometer untuk menambah daya dari akurasi data dalam melakukan pemantauan nantinya. Sensor dari Inclinometer tinggal dimasukan ke dalam sebuah pipa khusus untuk melindungi nya dari air dan tanah yang akan membuatnya mengurangi kinerja.
Tentu dengan adanya Slope Monitoring kita tidak perlu merasa khawatir lagi untuk bertempat tinggal di kawasan sekitar lereng. Karena Slope monitoring sangat mempunyai peranan penting bagi kita tentunya dengan tujuan untuk mengantisipasi akan terjadinya longsor di kawasan sekitar lereng. Maka dari itu sebelum kita ingin membuat atau mendirikan suatu bangunan di daerah sekitar lereng, kita pun harus menggunakan slope monitoring untuk memantau kondisi di dalam tanah yang nantinya akan kita jadikan bangunan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Penting Sistem Peringatan Dini untuk Gempa dan Banjir

Pengujian Non Destructive Test Menggunakan Ultrasonic Flaw Detector

Melakukan Pengamatan Kondisi Bendungan Menggunakan Piezometer