Inilah Hardness Tester yang Dipakai untuk Menguji Kekerasan Tablet

Dalam dunia farmasi, ada banyak sekali jenis obat yang khusus dibuat dengan bentuk tablet. Setelah diproduksi, tablet akan didistribusikan ke berbagai tempat yang tersebar di seluruh Indonesia. Maka dari itu, tablet harus memiliki struktur yang daya tahannya kuat supaya ketika dikirim tidak mudah rusak atau hancur. Dibutuhkan uji kekerasan tablet ketika selesai diproduksi, tujuannya agar tablet tetap utuh saat pengiriman berlangsung.

Untuk uji kekerasan tablet ini menggunakan alat atau instrument yang dinamakan hardness tester. Alat ini berfungsi untuk menilai tingkat kekerasan dan ketahanan tablet terhadap gesekan dan desakan yang diterima pada ketika perjalanan distribusi. Di samping itu, dengan hardness tester bakal diketahui standart kekerasan yang diterima pada tablet hingga menjadi retak.

 Uji Kekerasan Tablet dengan Hardness Tester


Kekerasan tablet ditentukan oleh struktur bahan yang digunakan dan pengaruh desakan kompresi. Di samping penekanan dari luar, kekerasan tablet juga diprovokasi oleh waktu. Artrinya, semakin lama tablet didiamkan maka tingkat kekerasannya semakin berkurang.

Alat hardness tester yang digunakan untuk pengujian ini ialah Pfizer tester, monsantor tester, dan strong cobb hardness tester.Untuk Pfizer tester dan Monsanto tester merupakan jenis hardness tester yang dioperasikan secara manual. Cara memakai Pfizer tester yakni dengan memutar unsur knop spiralnya hingga bagian bebannya terus mengurangi tablet sampai hancur.

Sedangkan perangkat Monsanto Tester bentuknya seperti gunting atau tang dan penunjuk nilai pengukurannya masih berbentuk analog berupa jarum penunjuk ukuran. Cara menggunakannya, tablet diletakkan pada  plate tengah alat,kemudian perangkat ditekan dan paramaeter pengukuran dapat disaksikan pada jarum penunjuknya.

Strong Cobb hardness tester ialah alat uji kekerasan yang paling sering digunakan karena mudah digunakan. Di samping itu, nilai pengukuran hasil ujinya berbentuk analog dan digital. Metode pemakaian Hardness tester jenis ini terbagi menjadi 2 yakni manual dan otomatis. Perbedaannya, guna yang manual menggunakan tuas sedangkan yang otomatis menggunakan tombol guna sistem penekanannya.

Alat pengujian hardness tester memiliki peran yang sangat urgen dalam dunia farmasi, di samping  menilai nilai kekerasan, juga dapat digunakan untuk standarisasi dalam membuat tablet. Kebanyakan industri farmasi memakai hardness tester jenis Strong Cobb.

Untuk pembelian hardness tester dengan kualitas terbaik silakan klik disini : Testindo & Testingindonesia.com      



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Penting Sistem Peringatan Dini untuk Gempa dan Banjir

Pengujian Non Destructive Test Menggunakan Ultrasonic Flaw Detector

Melakukan Pengamatan Kondisi Bendungan Menggunakan Piezometer