Pengertian, Prinsip Kerja dan Cara Menggunakan Roughness Tester


Pada Awalnya, setiap bahan material pasti mempunyai tingkat kekasaran yang berbeda-beda tergantung dari segi proses produksi serta fungsi dari material tersebut. Setiap industri tentu saja wajib mengetahui dengan jelas spesifikasi dari bahan material yang digunakan mulai dari ketebalan, ukuran, tingkat kekasaran dan bentuk nya.

Secara definisi yang digunakan adalah ISO 1302-1978, roughness atau kekasaran merupakan penyimpangan rata-rata aritmetik dari garis rata-rata profil. Secara international, nilai kekasaran dibuat dalam (Ra) Roughness Average dan (Rz) untuk tingkat kekasaran.

 

sumber gambar : Testing Indonesia


Sedangkan arti lain dari roughness atau kekasaran secara umum yaitu halus atau tidaknya suatu permukaan material yang disebabkan oleh pengerjaan suatu mesin produksi. Alat yang biasa digunakan untuk mengukur kekasaran permukaan material disebut Roughness Tester.
Adapun jenis material yang sering diukur tingkat kekasarannya menggunakan roughness tester yaitu kaca, baja, plat besi, kayu, dan lainnya

Prinsip Kerja

Instrument tersebut menggunakan suatu sensor transducer kemudian data yang sudah diterima dan diolah menggunakan microprocessor sehingga nantinya akan keluar nilai pengukuran pada layar monitor tersebut. Pengukuran yang menggunakan roughness tester bisa diterapkan untuk berbagai posisi ( Vertical, Horizontal, datar, dan lainnya).

Cara Menggunakan

Rougness Tester merupakan alat portable yang digunakan sangat praktis, mudah dibawa kemanapun dan sangat mudah untuk digunakan nantinya. Agar lebih jelas, berikut ini cara menggunakannya :
  • Siapkan material atau benda yang akan diuji
  • Tekan tombol daya (power) pada roughness tester sampai keluar angka nol pada monitor
  • Tempelkan sensor di atas material dan diamkan sampai proses selesai
  • Kemudian akan keluar nilai hasil pengukuran pada monitor
Adapun berbagai jenis lain dari Roughness tester yang bisa di pilih, dilihat dari kebutuhan industri. Namun pastikan jika anda sudah memilih instrument Roughness Tester dengan kualitas yang terbaik agar nilai hasil dari pengukuran lebih jelas,akurat dan tepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Penting Sistem Peringatan Dini untuk Gempa dan Banjir

Pengujian Non Destructive Test Menggunakan Ultrasonic Flaw Detector

Melakukan Pengamatan Kondisi Bendungan Menggunakan Piezometer